Jumat, 13 Februari 2009

Rasa Memiliki

RASA IKUT MEMILIKI

Rasa ikut memiliki bisa kita artikan dengan suatu tanggung jawab, dimana kita semua sudah tahu bahwa setiap melakukan pekerjaan apapun, kita dituntut untuk bertanggung jawab timbul dari kesadaran kita masing – masing.

Tanggung jawab ini dapat dikategorikan menjadi 2 (dua) kelompok yaitu :
1. Tanggung jawab moril
2. Tanggung jawab materil

Tanggung jawab Moril
Sesuai dengan komitmen perusahaan bahwa kita sebagai karyawan dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik.
Contoh : untuk karyawan bagian Operator Forklift yang bertugas membongkar-muat semen dari dan ke angkutan, dengan prosedur dan system yang ada operator harus mengemudikan forkliftnya dengan baik dan secara moril bertanggung jawab untuk memberikan kenyamanan, antara lain dengan :
- Mengikuti proses bongkar-muat semen dan perintah checker.
- Mengemudikan unitnya sesuai dengan batas kecepatan.
- Bertanggung jawab penuh terhadap tugas, guna mencapai tujuan perusahaan yaitu aman, handal, dan efisien.

Tanggung jawab materil
Dalam lingkungan kerja yang luas, kita memakai bermacam – macam peralatan kerja. Untuk kehandalan maupun masa pakai alat – alat tersebut, tentunya kita harus melakukan perawatan maupun perbaikan. Dalam melakukan perawatan atau perbaikan, kita dituntut untuk mempergunakan material seefisien mungkin dengan tidak mengabaikan mutu pekerjaan dan faktor keselamatan. Dengan bekal ilmu pengetahuan dan pengalaman yang kita miliki, kita mempunyai beban tanggung jawab materil yang besar untuk merawat dan memperbaiki peralatan – peralatan tersebut sebagaimana peralatan milik pribadi kita. Bentuk rasa tanggung jawab disini bisa diberi contoh antara lain:
- Mengoperasikan atau menggunakan peralatan/alat – alat kerja, sesuai dengan prosedur kerja yang benar.
- Melaksanakan perawatan dan perbaikan peralatan / alat – alat, secara berkala.
- Menjaga peralatan dan alat – alat kerja dari kemungkinan hilang atau rusak.
- Mempunyai rasa ikut memiliki dan bertanggung jawab terhadap peralatan / alat – alat kerja dari segala kemungkinan yang tidak kita kehendaki bersama .

Kesimpulan :
Rasa ikut memiliki atau tanggung jawab adalah unsur yang sangat penting dalam melakukan pekerjaan yang harus ditumbuhkembangkan setiap saat baik secara individu maupun kelompok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar