Senin, 09 November 2009

Hasil Rapat Kinerja Operator Jateng

HASIL NOTULEN RAPAT KERJA OPERATOR FORKLIFT
DI GUDANG DLI BANJARNEGARA
05 s/d 07 NOVEMBER 2009

Forklift merupakan jantung dari berlangsungnya operasional gudang kita, bila forklift mengalami kerusakan yang mengakibatkan berhentinya operasional gudang maka hal ini mengakibatkan kerugian bagi gudang baik finacial maupun non financial berupa komplain dari klien serta lebih buruk lagi berkurangnya kepercayaan klien terhadap perusahaan kita.
Operator sebagai karyawan yang berhubungan langsung dengan baik tidaknya kondisi forklift, maka sangat perlu untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka dalam hal menjaga, merawat dan menjalankan forklift dengan baik. Salah satunya adalah dengan cara mengadakan Rapat Kerja Operator Forklift Gudang DLI se JAWA Tengah, yang telah diadakan pada tanggal 05 – 07 November 2009 di Gudang Banjarnegara. Dengan acara sebagai berikut :

I. PEMBUKAAN : Kamis, 05 November 2009

A. Do’a oleh Bp. Misrun

B. Kata Pembuka oleh Bp. Arie Satya
Jaga loyalitas, jangan jadi pengkhianat, karena banyak pesaing dari perusahaan yang mengincar kita untuk rekrut sebagai karyawan, dengan cara memberikan semacam THR / parcel yang kemungkinan besar hanya diperalat agar kita mengikuti kemauan mereka. Seperti kasus Anggodo vs Bibit Candra, maka semua berpulang kepada diri kita sendiri.

II. MATERI : Jum’at, 06 November 2009

A. Do’a oleh Bp. Cahyo

B. Teori oleh Bp. Andi

Langkah – langkah utama dalam pengecekan FL sebelum dioperasikan, adalah sebagai berikut :

1. Check Roda (tingkat keausan), tekanan ban (depan 120, blk 90, diperlukan alat pengukur tekanan angin), akibat ban pecah bisa berakibat pada baut roda yang patah.
2. Check isi bahan bakar solar (usahakan pada shift pagi kondisi solar di isi penuh jangan sampai kurang dari setengah, bila sampai kurang hal ini bisa berakibat pada Injection Pump rusak)
3. Check kelilling FL, bila terlalu miring dan dibiarkan bisa berakibat pada kerusakan Axle.
4. Check kondisi oli mesin, transmisi, hidrolik, rem
5. Check kondisi air radiator dan accu.
6. Check kondisi vanbelt, caranya ?
7. Check dan bersihkan Filter udara dengan cara yang benar.
8. Check kondisi radiator dengan cara FL dihidupkan buka dan bila keluar gelembung ada indikasi kompresi kurang/ ring aus dan bisa berakibat fatal, maka segera laporkan.
9. Lakukan pemanasan kontak +/- 5 detik, setelah itu baru di starter.
10. Lakukan pemanasan mesin.
11. Check lampu depan, belakang, sign, rem,
12. Check Rotari Lamp
13. Check Busser Alarm
14. Check kondisi rem, lakukan maju mundur dan rem.
15. Check bunyi mesin, bila ada kelainan laporkan.

C. Sesi Tanya Jawab oleh team mekanik

1. Bp. Andre ( DLI Solo )
Tanya :
 Berapa jangka waktu pencucian dan bagian mana saja yang tidah boleh terkena air ?
 Untuk pegiriman Spare part terkadang ada kesalahan bagaimana?
Jawab :
 Pencucian FL bisa dilakukan, dan tidak ada patokan jangka waktu, tapi harus berhati2 jangan sampai terkena bagian elektrik, terutama bagian dashboard, dan sebelum dicuci harus disemprot dulu sebersih mungkin dari debu semen, baru dicuci.
 Penyemprotan harus dilakukan oleh operator sendiri ( jangan diwakilkan checker/rebaging ) hal ini dimaksudkan agar operator benar-benar bertanggung jawab atas pekerjaan dan kondisi forkliftnya. Langkah penyemprotan pertama kali yang benar adalah Filter udara kemudian pada bagian yang lain ( termasuk pada bagian ruang-ruang mesin yang selama ini hanya bagian luar saja).
 Jika terjadi hal tersebut segera laporkan untuk segera di tukar.
 Berikan part number dengan benar sebelum pesan ( order )
 Setiap gudang perlu ada buku panduan tentang Forklift.

2. Bp. Cahyo ( DLI Yogyakarta ) Idem sda.

3. Bp. Mahfud ( DLI Boyolali )
Tanya :
Penggantian ban dan servis general apa tetap jalan?
Jawab :
 Pengamatan dan perlakuan terhadap kondisi ban juga harus di perhatikan oleh operator.
 Pemakaian forklift yang wajar saja ( tidak ngebut, tidak di paksa dorong apalagi sampai slip, jaga perpindahan dari maju ke mundur seketika jangan slip.
 Bila ban gundul lapor ke kepala Gudang dan segera order.
 Servis General tetap jalan setiap 1000 Hm
 Penggantian oli mesin setiap 250 Hm.

4. Bp. Misrun ( DLI Purwokerto )
Tanya :
• Garpu yang sering turun sendiri, mohon di tindak lanjuti.
• Pemasangan accu tidak sesuai prosedur apa akibatnya ?
Jawab:
 Garpu yang turun sendiri, bisa dari control valve/pump cylinder yang bocor ( cek waktu mesin hidup pada waktu garpu turun apa terdengar bunyi seperti detak jam/tidak, bila tidak ada bunyi berarti kerusakan dari control valve, dan bila ada bunyi berarti kerusakan berasal dari seal backup.
 Laporkan, dan akan segera ditindaklanjuti.
 Koordinasikan agar tidak menggangu jadwal operasional gudang karena butuh waktu perbaikan 1-2 hari.

5. Bp. Ridwan ( DLI Pati )
Tanya :
 Standar garpu FL DLI berapa ? Di DLI Pati garpu berukuran 107
 FL Komatsu ada kendala rembes dan plat alternator patah berkali-kali.
Jawab :
 Standart garpu adalah 122
 Bila ada kendala segera laporkan ke FSO, kemudian FSO melaporkan kepada Ka Gudang, ( Bila sampai menggangu operasional gudang, maka Ka Gudang segera melaporkan ke mekanik/Bp Andi agar segera ditindak lanjuti, ingat jangan bosan2 untuk mengingatkan).

6. Bp. Edi Santoso ( DLI Banjarnegara )
Tanya :
 Kondisi jalan bergelombang apa dampaknya bagi FL ?
 Pelindung kabin/peredam suara rusak, bagaimana menyikapinya ?
Back rest retak, bagaimana solusinya ?
Jawab :
 Berdampak pada busing dan bearing akan kena
 Untuk pelindung kabin bisa diganti dengan pelindung kabin mobil.

7. Bp. Mujianto ( DLI Kebumen )
Tanya :
 Bila panas FL susah dihidupkan/distarter
 Penguran tangki bahan bakar berapa lama jangka waktunya ?
Jawab :
 Sekering untuk pemanas mungkin tidak standart, coba diganti dengan yang standart. Bisa juga Duplag/pemanas rusak, coba diganti dengan yang baru. Ini merupakan PR bagi team mekanik ( Bp untung ) untuk menindaklanjuti.

8. Bp. Ii Sukandar ( DLI Pemalang )
Tanya :
 Dalam pelaporan kerusakan FL ke Ka. Gudang tertulis atau lisan?
 Apakah di perbolehkan tidaknya untuk penambahan plat pada Back Rest?
Jawab :
 Untuk jalur pelaporan kerusakan FL pertama lapor ke FSO biar ditindak lanjuti ke Ka.gudang.

D. Sesi Praktek
Model FL yang dipakai untuk sesi ini adalah Forklift Caterpilar, adapun materi praktek yang dilaksanakan berdasarkan modul Technical Trainning yang telah dibagikan kepada masing-masing operator yang mengikuti raker ini, adalah :
1. Teknik Penggantian Olie gardan.
2. Teknik Penggantian Olie Transmisi
3. Tehnik Penggantian Olie hidrolik
4. Teknik Penggantian Filter Olie mesin, Udara , Solar.
5. Teknik melepas dan memasang Accu.
6. Teknik Pedempulan dan pengamplasan Body FL yang baik.
7. Tehnik penggantian Olie mesin
8. Teknik Penggantian busing Tilt Cilinder

III. Evaluasi : Sabtu, 07 November 2009
 Penunjukan sdr Iwan Martin sebagai Koordinator operator forklift seJateng region 2.
 Operator forklift ditekankan untuk tidak memperbaiki sendiri bila benar-benar tidak mampu (kecuali kerusakan-kerusakan kecil), tetapi hanya wajib merawatnya dengan baik.
 Pemberian grease/gemuk jangan sampai telat, standartnuya seminggu dua kali.
 Standartisasi penggunaan olie-olie yang digunakan ditiap gudang.
 Saling berkoordinasi dengan operator-operator digudang-gudang lain, untuk bertukar pengalaman bagaimana menghadapi kendala/kerusakan FL yang terjadi.
 Melengkapi kelengkapan alat-alat/kunci perkasas standart perbaikan fL di setiap gudang.
 Menanamkan sikap disiplin akan pekerjaanya dan dapat bertanggung-jawab terhadap perawatan FL masing-masing.


IV. Penutup
 Peserta raker wajib melaporkan hasil yang didapat dari raker hari ini kepada Ka. Gudang dan sharing dengan operator yang lain di gudang masing-masing.
 Terima kasih atas partisipasinya yang telah dengan responsive mengikuti setiap kegiatan dalam raker ini.
 Raker ditutup dengan do’a oleh Bp. Andre.

Demikian notulen raker operator FL ini kami buat, semoga berguna bagi kita dan kejayaan bagi perusahaan. Tidak lupa kami lampirkan dokumentasi kegiatan selama raker.

AYO KITA BISA !

Salam
Antonius Hadianto
FSO DLI Banjarnegara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar