Jumat, 13 Maret 2009

SAFETY ALERT: KAWAT MENANCAP MATA


KAWAT MENANCAP DI MATA
Tanggal : 04 Desember 2008-12-31
Perihal : Kawat menancap di mata
Lokasi : Halliburton Canada
Disarikan: HSE DLI


Seorang pekerja sedang menggerinda dengan wire wheel (wire brush) dan ia mengenakan pelindung mata. Ketika ia berhenti menggerinda, dia melepas pelindung matanya. Pada saat itu ia melihat ada bagian yang terlewat atau tidak terkena gerinda. Ia lantas mengambil kembali mesin gerinda dan menghidupkannya namun lupa mengenakan lagi pelindung matanya. Pada saat itulah sebuah kawat brush yang terlepas dan terpental persis mengenai matanya. Korban dibawa ke klinik kesehatan setempat, di mana korban dibius dan dikirim ke rumah sakit. Empat jam kemudian, operasi dilakukan untuk mengeluarkan kawat tersebut. Dia diperbolehkan pulang setelah tiga (3) hari dan diharapkan dapat sembuh dengan sejumlah kerusakan pada mata, namun dapat dibantu dengan penggunaan lensa kontak. Kawat tersebut masuk ke matanya hingga kedalaman setengah inci.

Pelajaran yang perlu dipetik:
- Kenakan selalu Alat Pelindung Diri anda, khususnya pelindung mata dengan menggunakan kaca mata safety, google dan face shield,
- Justru ketika anda menganggap kecelakaan tidak mungkin terjadi, maka ia dapat terjadi.
- Melepas alat pelindung diri anda, akan meningkatkan peluang terjadinya kecelakaan yang mengubah hidup anda.
- Anda bisa saja melihat bahwa memakai kaca mata safety itu mereporkan, tapi jika tidak memakainya, anda mungkin saja tidak bisa melihat apa-apa lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar